RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMK BATIK PERBAIK
PURWOREJO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Mata Diklat : Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan
Transaksi di Lokasi Penjualan
Kode Kompetensi : PDG.OO 01.038.01
Kelas / Semester : XI/3
Pertemuan Ke : 1 s/d 10
Alokasi Waktu : 20 Jam (10 x 2 x 45 menit)
Standar
Kompetensi
|
1. Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di
Lokasi Penjualan
|
Kompetensi
Dasar
|
1.1 Mengoperasikan alat komunikasi
|
Indikator
|
1.
Peralatan penjualan
2.
Mengoperasikan pesawat telepon
3.
Mengoperasikan pesawat faximilie
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :
1.
Mempelajari pengertian, fungsi dan
macam-macam peralatan penjualan dengan baik
2.
Mengetahui fungsi dan cara pengoperasian
pesawat telepon dengan benar
3.
Mengetahui fungsi dan cara pengoperasian pesawat faximilie dengan
baik
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Peralatan penjualan
- Mengoperasikan pesawat telepon
- Mengoperasikan pesawat faximilie
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke-1 dan ke-20
1.
Pendahuluan
-
Salam
dan presensi
-
Appersepsi
materi tentang pengoperasian alat komunikasi
-
Tanya
jawab
-
Siswa
mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar
2.
Kegiatan
Inti
-
Mempelajari pengertian, fungsi dan
macam-macam peralatan penjualan
-
Mengetahui fungsi dan cara pengoperasian pesawat telepon
-
Mengetahui fungsi dan cara pengoperasian pesawat faximilie
3.
Kegiatan
akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan
memberikan informasi berikutnya
E. SUMBER BELAJAR :
Dra. Sri Wuryantari, 2007, Mempersiapkan dan
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan untuk SMK/MAK, CV. Arya Duta, Jakarta
F.
PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
essay
|
Isian
1.
Jelaskan yang
dimaksud dengan peralatan penjualan!
2.
Dibedakan
menjadi berapakah peralatan penjualan itu?Sebutkan!
3.
Apa
fungsi peralatan penjualan?
4.
Berikan contoh peralatan penjualan yang berupa mesin!
5.
Berikan contoh peralatan penjualan yang berbentuk alat
komunikasi!
6.
Sebutkan
tiga hal yang harus diperhatikan oleh seorang operator telepon ketika
menerima telepon!
7.
Sebutkan bahan dan alat dalam menelepon dan menerima
telepon!
8.
Bagaimana
merawat telepon?
9.
Bagaimana
cara mengoperasikan telepon?
10. Bagaimana
cara mengakhiri pembicaraan dalam bertelepon?
11. Jelaskan
yang dimaksud dengan pesawat fax!
12. Sebutkan
dua fungsi pesawat fax!
13. Jelaskan
langkah-langkah mengirimkan berita dengan menggunakan pesawat atau mesin fax!
14. Jelaskan
langkah-langkah menerima berita dengan menggunakan pesawat fax secara manual dan secara otomatis!
15. Jelaskan
langkah-langkah merawat pesawat fax agar tetap berfungsi dengan baik!
|
Purworejo,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMK Batik Perbaik
Purworejo
SUJATMIKO, S.Pd LILIK MUSLIMAH,S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMK BATIK PERBAIK
PURWOREJO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Mata Diklat : Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan
Transaksi di Lokasi Penjualan
Kode Kompetensi : PDG.OO 01.038.01
Kelas / Semester : XI/3
Pertemuan Ke : 11 s/d 15
Alokasi Waktu : 10 Jam (5 x 2 x 45 menit)
Standar
Kompetensi
|
1. Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di
Lokasi Penjualan
|
Kompetensi
Dasar
|
1.2 Mempersiapkan dan
mengoperasikan alat hitung
|
Indikator
|
1.
Mengoperasikan peralatan mesin hitung saku/ kalkulator
2.
Mesin hitung elektronik dengan printer
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :
- Mempelajari pengoperasian peralatan mesin hitung saku/kalkulator dengan baik
- Mengetahui fungsi, cara pengoperasian dan cara pemeriksaan alat hitung elektronik dengan benar
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Mengoperasikan peralatan mesin hitung saku/ kalkulator
2.
Mesin hitung elektronik dengan printer
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke-11 dan ke-15
1.
Pendahuluan
-
Salam
dan presensi
-
Appersepsi
materi tentang pengoperasian alat hitung
-
Tanya
jawab
-
Siswa
mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar
2.
Kegiatan
Inti
-
Mempelajari pengoperasian peralatan mesin hitung saku/kalkulator
-
Mengetahui fungsi, cara pengoperasian dan
cara pemeriksaan alat hitung elektronik
3.
Kegiatan
akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan
memberikan informasi berikutnya
E. SUMBER BELAJAR :
Dra. Sri Wuryantari, 2007, Mempersiapkan dan
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan untuk SMK/MAK, CV. Arya Duta, Jakarta
F.
PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
essay
|
Isian
1.
Sebutkan empat
tombol yang berfungsi untuk:
a.
Menghapus
total
b.
Menghapus
memori
c.
Penggulung
kertas
d.
Mencetak
di kertas
2.
Berapa
hasil perhitungan dari:
a.
25,4
x 7.82 =
b.
345
+ 600 – 250 =
c.
8.500
: 17 =
3.
Sebutkan persiapan yang harus dilakukan dalam mengecek
alat hitung elektrik!
4.
Sebutkan cirri-ciri dari alat hitung elektrik yang
rusak!
5.
Apa yang harus dilakukan jika ditemukan alat hitung
elektrik yang rusak?
|
Purworejo,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMK Batik Perbaik
Purworejo
SUJATMIKO, S.Pd LILIK MUSLIMAH,S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMK BATIK PERBAIK
PURWOREJO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Mata Diklat : Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan
Transaksi di Lokasi Penjualan
Kode Kompetensi : PDG.OO 01.038.01
Kelas / Semester : XI/3
Pertemuan Ke : 16 s/d 20
Alokasi Waktu : 10 Jam (5 x 2 x 45 menit)
Standar
Kompetensi
|
1. Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di
Lokasi Penjualan
|
Kompetensi
Dasar
|
1.3 Mempersiapkan dan
mengoperasikan mesin pembayaran tunai dan non tunai
|
Indikator
|
1.
Menyelesaikan transaksi secara tunai
2.
Cash register
3.
Prosedur mengoperasikan mesin kasir
4.
Menyelesaikan transaksi secara nontunai
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :
- Menyelesaikan transaksi tunai dengan baik
- Mengetahui cara pemakaian mesin cash register dengan benar
- Mampu mengoperasikan mesin kasir dengan baik
- Mampu menyelesaikan transaksi secara nontunai dengan benar
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menyelesaikan transaksi secara tunai
2.
Cash register
3.
Prosedur mengoperasikan mesin kasir
4.
Menyelesaikan transaksi secara nontunai
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke-16 dan ke-20
1.
Pendahuluan
-
Salam
dan presensi
-
Appersepsi
materi tentang mempersiapkan dan
mengoperasikan mesin pembayaran tunai dan non tunai
-
Tanya
jawab
-
Siswa
mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar
2.
Kegiatan
Inti
-
Menyelesaikan transaksi tunai
-
Mengetahui cara pemakaian mesin cash register
-
Mampu mengoperasikan mesin kasir
-
Mampu menyelesaikan transaksi secara nontunai
3.
Kegiatan
akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan
memberikan informasi berikutnya
E. SUMBER BELAJAR :
Dra. Sri Wuryantari, 2007, Mempersiapkan dan
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan untuk SMK/MAK, CV. Arya Duta, Jakarta
F.
PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
essay
|
Isian
1.
Sebutkan dua cara penyelesaian transaksi
penjualan!
2.
Peralatan
transaksi apa yang digunakan untuk transaksi dengan uang cash di swalayan?
3.
Persyaratan
apa saja yang harus dipenuhi oleh seorang kasir?
4.
Jelaskan perbedaan antara cash register dengan scanner
dan cash register biasa!
5.
Jelaskan langkah seorang kasir apabila ada customer
yang melakukan pembayaran dengan kartu debit!
|
Purworejo,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMK Batik Perbaik
Purworejo
SUJATMIKO, S.Pd LILIK MUSLIMAH,S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMK BATIK PERBAIK
PURWOREJO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Mata Diklat : Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan
Transaksi di Lokasi Penjualan
Kode Kompetensi : PDG.OO 01.038.01
Kelas / Semester : XI/4
Pertemuan Ke : 1 s/d 10
Alokasi Waktu : 20 Jam (10 x 2 x 45 menit)
Standar
Kompetensi
|
1. Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di
Lokasi Penjualan
|
Kompetensi
Dasar
|
1.4 Mempersiapkan dan
mengoperasikan alat ukur
|
Indikator
|
1.
Pengertian alat ukur
2.
Dasar penggunaan alat ukur
3.
Peraturan-peraturan alat ukur
4.
Macam-macam alat ukur
5.
Mesin timbangan barang elektronik
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian alat ukur dengan baik
2. Menjelaskan dasar penggunaan alat ukur dengan baik
3. Menjelaskan peraturan-peraturan alat ukur dengan baik
4. Menjelaskan macam-macam alat ukur dengan baik
5. Menjelaskan mesin timbangan barang elektronik dengan baik
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian alat ukur
2.
Dasar penggunaan alat ukur
3.
Peraturan-peraturan alat ukur
4.
Macam-macam alat ukur
5.
Mesin timbangan barang elektronik
C. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke-1 dan ke-10
1.
Pendahuluan
-
Salam
dan presensi
-
Appersepsi
materi tentang mempersiapkan dan
mengoperasikan mesin pembayaran tunai dan non tunai
-
Tanya
jawab
-
Siswa
mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar
2.
Kegiatan
Inti
-
Menyelesaikan transaksi tunai
-
Mengetahui cara pemakaian mesin cash register
-
Mampu mengoperasikan mesin kasir
-
Mampu menyelesaikan transaksi secara nontunai
3.
Kegiatan
akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan
memberikan informasi berikutnya
E. SUMBER BELAJAR :
Dra. Sri Wuryantari, 2007, Mempersiapkan dan
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan untuk SMK/MAK, CV. Arya Duta, Jakarta
F.
PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
essay
|
Isian
1.
Jelaskan yang
dimaksud dengan alat ukur!
2.
Apa perbedaan antara alat takar dengan alat timbang?
3.
Sebutkan perundangan yang mengatur penggunaan alat ukur
di Indonesia!
4.
Apakah setiap alat takar dan alat timbang yang
digunakan dalam perdagangan harus didaftarkan atau ditera? Apa sebabnya?
5.
Siapa yang berhak memberikan tanda tera?
6.
Di
bagian mana dari alat ukur dapat ditemukan tanda tera?
7.
Bagaimana dengan alat ukur yang sudah tidak memenuhi
persyaratan?
8.
Bagaimana
ketentuan mengenai pengukuran untuk barang yang dikemas atau dibungkus?
9.
Apa tanda bukti bahwa alat ukur yang digunakan sudah
ditera?
10.
Apakah alat ukur yang dibeli di luar negeri atau
diimpor harus didaftarkan? Berikan
penjelasan!
|
Purworejo,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMK Batik Perbaik
Purworejo
SUJATMIKO, S.Pd LILIK MUSLIMAH,S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMK BATIK PERBAIK
PURWOREJO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Mata Diklat : Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan
Transaksi di Lokasi Penjualan
Kode Kompetensi : PDG.OO 01.038.01
Kelas / Semester : XI/4
Pertemuan Ke : 11 s/d 20
Alokasi Waktu : 20 Jam (10 x 2 x 45 menit)
Standar
Kompetensi
|
1. Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di
Lokasi Penjualan
|
Kompetensi
Dasar
|
1.5 Mempersiapkan dan
mengoperasikan alat bantu verifikasi
|
Indikator
|
1.
Alat bantu verifikasi
2.
Jenis-jenis alat bantu verifikasi
3.
Mesin validasi kartu debit/ mesin debit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
siswa mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :
- Mengetahui alat bantu verifikasi dengan benar
- Mengetahui jenis-jenis alat bantu verifikasi dengan baik
- Mampu menjalankan mesin validasi dengan benar
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Alat bantu verifikasi
2.
Jenis-jenis alat bantu verifikasi
3.
Mesin validasi kartu debit/ mesin debit
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke-11 dan ke-20
Pendahuluan
-
Salam
dan presensi
-
Appersepsi
materi tentang mempersiapkan dan
mengoperasikan alat bantu verifikasi
-
Tanya
jawab
-
Siswa
mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar
Kegiatan Inti
-
Mengetahui alat bantu verifikasi dengan benar
-
Mengetahui jenis-jenis alat bantu verifikasi dengan baik
-
Mampu menjalankan mesin validasi dengan benar
Kegiatan akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan
memberikan informasi berikutnya
E. SUMBER BELAJAR :
Dra. Sri Wuryantari, 2007, Mempersiapkan dan
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan untuk SMK/MAK, CV. Arya Duta, Jakarta
F.
PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes
tertulis
|
essay
|
Isian
1.
Apa
yang kamu ketahui tentang alat yang disebut money detector?
2.
Jika
kamu sebagai kasir menerima pembayaran setelah dideteksi ternyata uangnya palsu,
apa yang akan kamu lakukan?
3.
Jelaskan langkah-langkah mengoperasikan alat tersebut!
4.
Jelaskan perbedaan antara kartu kredit dengan kartu
debit!
5.
Peralatan apa yang digunakan oleh kasir apabila ada
customer yang menggunakan kartu debit sebagai alat pembayaran?
6.
Sebutkan
langkah-langkah mengoperasikan alat ini!
|
Purworejo,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMK Batik Perbaik
Purworejo
SUJATMIKO, S.Pd LILIK MUSLIMAH,S.Pd
No comments:
Post a Comment