RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK BATIK PERBAIK
PURWOREJO
Mata
Pelajaran : Administrasi
Transaksi
Kelas/Semester : XI/Gasal
Materi
Pokok : Mengklasifikasi
berkas-berkas administrasi
Alokasi
Waktu : 6 X 40 menit (2 X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku ( jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli (gotong royong,kerja sama,toleran,damai) santun responsif dan pro- aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami ,menerapkan dan menganalisis pengetahuan aktual,konseptual,dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
- Mengolah ,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.1 Mendiskripsikan Dasar Perencanaan Pemasaran
Ø Mendefisikan pengertian pemasaran dan penjualan
Ø Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
(3.1 kemampuan
yang harus dikuasai utk aspek kognitif)
4.1 Mempresentasikan Dasar Perencanaan
Pemasaran
Ø Membedakan aktifitas pemasar dengan penjual
Ø Mengklasifikasikan kebutuhan konsumen
(4.1 kemampuan yang harus dikuasai utk
aspek psikomotor)
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik dapat :
1. Mendefinisikan arti pemasaran dan
penjualan
2. Menjelaskan perbedaan pemasaran dengan penjualan
3. Menjelaskan aktifitas seorang pemasar dan penjual
4. Mendefinisikan pengertian kebutuhan
5. Menyebutkan macam kebutuhan konsumen
6. Mengklasifikasikan alat pemenuhan
kebutuhan
D. Materi Pelajaran
Pemasaran dan Penjualan
1. Pengertian Pemasaran dan Penjualan
2. Konsep Pemasaran dan Penjualan
3. Kiat meraih kemenangan bagi pemasar
Kebutuhan Konsumen
1. Pengertian Kebutuhan
2. Macam Kebutuhan
3. Alat Pemenuhan Kebutuhan
E. Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientifik approach (mengamati, bertanya,menalar,mencoba,jejaring)
Strategi :
Problem base learning
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, memberikan tugas
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Kegiatan awal
|
· Mengucapakan
salam
· Menyiapkan
siswa secara psikis agar siap mengikuti pembelajaran
· Appersepsi
· Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati:
Mempelajari buku teks maupun
sumber lain (bahan dari internet dan kliping) tentang pemasaran dan
penjualan.
Memperhatikan beberapa gambar yang
menunjukkan aktifitas seorang pemasar dan seorang penjual
Menanya:
Berdiskusi untuk mendapatkan
klarifikasi tentang aktifitas pemasaran dan penjualan
Mengeksplorasi:
Mengkomunikasikan : hasil analisis kemudian
dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang perbedaan pemasaran dengan penjualan
Mengasosiasi:
Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari
berbagai sumber informasi yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
pemasaran dan penjualan
Mengkomunikasikan :
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang
perbedaan pemasaran dengan penjualan.
Mengumpulkan
hasil kerja dalam bentuk laporan
|
110 menit
|
Kegiatan akhir
|
· Siswa
bersama gurumembuat kesimpulan
mengenai materi pembelajaran.
· Guru
memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
· Guru
memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
|
15 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Kegiatan awal
|
· Mengucapakan
salam
· Menyiapkan
siswa secara psikis agar siap mengikuti pembelajaran
· Appersepsi
· Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati:
…………………………….
……………………………..
Menanya:
…………………………………..
…………………………………..
Mengeksplorasi:
…………………………………..
……………………………………
Mengasosiasi:
…………………………………..
…………………………………..
Mengkomunikasikan :
…………………………………..
…………………………………..
|
110 menit
|
Kegiatan akhir
|
· Siswa
bersama gurumembuat kesimpulan
mengenai materi pembelajaran.
· Guru
memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
· Guru
memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
|
15 menit
|
G. Penilaian Hasil Belajar ;
1.
Tes tertulis
(tuliskan beberapa soal)
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
2.
Penugasan
(tuliskan tugas yang harus diselesaikan peserta didik)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
H. Sumber Belajar :
1. Kotler
Manajemen Pemasaran, PT.Prehallindo,Jakarta
2.………………………………..
3. ………………………………..
………………., …………….
2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mapel,
No comments:
Post a Comment