HOT NEWS    SMK PEMASARAN BISA!!!!

Tuesday, February 3, 2015

RPP PEMASARAN ADMINISTRASI TRANSAKSI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO
Mata Pelajaran                        : Administrasi Transaksi
Kelas/Semester           : XI/Gasal
                                    Materi Pokok              : Mengklasifikasi berkas-berkas administrasi
Alokasi Waktu                        : 6 X 40 menit (2 X Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti  :
            1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  1. Menghayati dan mengamalkan perilaku ( jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli (gotong royong,kerja sama,toleran,damai) santun responsif dan pro- aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  2. Memahami ,menerapkan dan menganalisis pengetahuan aktual,konseptual,dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
  3.  Mengolah ,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
 B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
 1.1  Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan    kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di  alam
 1.3  Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
 2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
 2.2   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
 3.1   Mendiskripsikan Dasar Perencanaan Pemasaran
Ø  Mendefisikan  pengertian pemasaran dan penjualan
Ø  Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
(3.1  kemampuan yang harus dikuasai utk aspek kognitif)
4.1      Mempresentasikan Dasar Perencanaan Pemasaran
Ø  Membedakan aktifitas pemasar dengan penjual
Ø  Mengklasifikasikan kebutuhan konsumen
              (4.1  kemampuan yang harus dikuasai utk aspek psikomotor)

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik dapat :
1.      Mendefinisikan arti pemasaran dan penjualan
2.      Menjelaskan perbedaan pemasaran dengan penjualan
3.      Menjelaskan aktifitas seorang pemasar dan penjual
4.      Mendefinisikan pengertian kebutuhan
5.      Menyebutkan macam kebutuhan konsumen
6.      Mengklasifikasikan alat pemenuhan kebutuhan
 D.      Materi Pelajaran
 Pemasaran dan Penjualan
1.      Pengertian Pemasaran dan Penjualan
2.      Konsep  Pemasaran dan Penjualan
3.      Kiat meraih kemenangan bagi pemasar
Kebutuhan Konsumen
1.      Pengertian Kebutuhan
2.      Macam Kebutuhan
3.      Alat Pemenuhan Kebutuhan
              
E.       Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientifik approach (mengamati, bertanya,menalar,mencoba,jejaring)
Strategi                : Problem base learning
Metode                : Ceramah, tanya jawab, diskusi, memberikan tugas

F.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Kegiatan awal
·         Mengucapakan salam
·         Menyiapkan siswa secara psikis agar siap mengikuti pembelajaran
·         Appersepsi
·         Guru  menginformasikan  tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
10 menit
Kegiatan inti
Mengamati:
Mempelajari buku teks maupun sumber lain (bahan dari internet dan kliping) tentang pemasaran dan penjualan.
Memperhatikan beberapa gambar yang menunjukkan aktifitas seorang pemasar dan seorang penjual
Menanya:
Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang aktifitas pemasaran dan penjualan
Mengeksplorasi:
Mengkomunikasikan : hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang perbedaan pemasaran dengan penjualan
Mengasosiasi:
Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pemasaran dan penjualan
Mengkomunikasikan :
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang perbedaan pemasaran dengan penjualan.
Mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan

110 menit
Kegiatan akhir
·         Siswa bersama gurumembuat  kesimpulan mengenai materi pembelajaran.
·         Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian 
tujuan pembelajaran
·         Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya

15 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Kegiatan awal
·         Mengucapakan salam
·         Menyiapkan siswa secara psikis agar siap mengikuti pembelajaran
·         Appersepsi
·         Guru  menginformasikan  tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
10 menit
Kegiatan inti
Mengamati:
…………………………….
……………………………..

Menanya:
…………………………………..
…………………………………..
Mengeksplorasi:
…………………………………..
……………………………………
Mengasosiasi:
…………………………………..
…………………………………..
Mengkomunikasikan :
…………………………………..
…………………………………..

110 menit
Kegiatan akhir
·         Siswa bersama gurumembuat  kesimpulan mengenai materi pembelajaran.
·         Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian 
tujuan pembelajaran
·         Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya

15 menit

G.      Penilaian Hasil Belajar  ;
1.                                        Tes tertulis
     (tuliskan beberapa soal)
……………………………………………………………………………………………………………..
  ……………………………………………………………………………………………………………..
2.                                        Penugasan
    (tuliskan tugas yang harus diselesaikan peserta didik)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………

H.      Sumber Belajar :
1. Kotler Manajemen Pemasaran, PT.Prehallindo,Jakarta
2.………………………………..
3. ………………………………..

                                                                                                       ……………….,  …………….  2014
       Mengetahui,
       Kepala Sekolah,                                                                           Guru  Mapel,


     

No comments: